Langkah Mudah Bikin Komik

Komik merupakan karya seni visual yang digemari oleh banyak orang dari zaman ke zaman, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa kini.

Film dan Animasi juga terkadang diadaptasi dari komik populer, misalnya kayak Marvel Universe yang ada Spider-Man, Captain America, Iron-Man atau kayak di Jepang seperti Naruto, One Piece dan Dragon Ball yang diadaptasi jadi anime yang populer.

Membuat komik bisa jadi cara menyenangkan buat ekspresiin ide-ide kreatif dan curhat dengan cara yang unik. Bagi pemula, membuat komik bisa jadi keliatan susah tapi bisa jadi menyenangkan.

Nah berikut 7 langkah mudah yang bisa jadi menyenangkan prosesnya dalam membuat sebuah komik.


1. Tentukan Jenis Komik yang Akan Dibuat

Kalo bikin komik ya pastikan kita tau komik kayak apa yang mau dibuat. 

Komik strip? komik satu halaman? oneshot yang langsung selesai dalam satu cerita atau sebuah serial? 

Nah pastikan juga formatnya, apakah itu komik cetak kayak manga, komik scroll kayak webtoon atau komik strip instagram.

Kalau bingung, pastikan dulu cerita apa yang mau dibuat. Kalau mau buat cerita singkat dan lucu ya bisa bikin komik strip, kalau mau bikin kisah pendek ya bikin oneshot, kalau mau bikin serial bisa kayak manga atau komik scroll webtoon.


2. Buat Karakter dan Cerita

Udah tau kan jenis komik apa yang mau dibuat? Nah, selanjutnya tentukan cerita kayak apa yang mau dibuat, karakter kayak apa yang akan muncul di komik. 


3. Buat Sketsa Kasar!

Selanjutnya, buatlah sebuah sketsa kasar. Pakai pensil dan kertas untuk membuat sketsa kasar panel-panel komik. 

Sketsa itu nantinya bisa dijadikan acuan buat komik yang lebih detail. Tentukan angle dan pose yang bagus dan sesuai untuk membuat komik yang lebih terlihat menarik.


4. Gambar Komik Secara Detail

Oke next setelah sketsa kasar selesai, lanjutkan menggambar komik dengan detail.

Jika komikmu adalah sebuah komik cetak, kamu bisa mengarsir atau menambahkan tone. Tapi kalau komikmu berwarna kamu bisa pakai pensil warna atau gunakan pewarnaan digital pakai hp, tab atau Komputer

Gunakan pena tinta untuk manga (G-Pen) atau Drawing pen untuk membuat komik tradisional.

Kalau pakai media digital bisa gunakan Tablet (semacam iPad atau Sams*ng Tab) atau Pen tablet (dan komputer pastinya) untuk menggambar panel-panel komik. 

Pastikan gambar dengan teliti dan detail agar komik terlihat profesional. Gunakan komik yang sudah ada sebagai rujukan.


5. Tambahkan Balon Dialog dan Teks

Nah, setelah gambar selesai, tambahkan teks dan balon dialog. Pastikan teks dan balon dialog ditempatkan dengan tepat dan mudah dibaca. Pilih font yang tepat dan ukuran yang mudah dibaca agar teks terlihat jelas.

Bukan cuma itu, pastikan saat membuat teks gunakan bahasa yang gampang dimengerti dan jangan terlalu kepanjangan, karena ini bukan novel. Pakai kata-kata yang efisien dan gunakan visual untuk menjelaskan detail karakter.


6. Perbaiki lalu Bagikan Komiknya!

Komiknya udah selesai? Cek lagi mungkin ada kesalahan-kesalahan di gambar atau teks. 

Kalau semuanya udah dicek dan dipastikan, publikasikan komik di platform yang sesuai. Kalian bisa memposting komik di sosial media atau situs webcomic yang sudah ada.

Bikin caption atau deskripsi yang menarik pembaca, Tentukan juga judul yang menarik agar pembaca tertarik dan mengingat komiknya.


7. Dapatkan Feedback

Finally, sudah selesai semua kan?

Penting untuk mendapatkan feedback dari orang lain. Alih-alih mendapatkan cuan untuk komik, pastikan dulu untuk memuaskan pembaca, karena orang-orang akan menghargai pekerjaan kita jika mereka merasa terpuaskan.

Masuki komunitas yang membahas pembuatan komik atau cari mentor yang tepat agar skillmu bisa improve

Membuat komik yang bagus itu gak gampang, butuh waktu, kesabaran, dan dedikasi. Dengan mengikuti tips ini, semoga para pemula bisa membuat komik yang tidak hanya bagus secara visual tapi juga punya cerita menarik yang disukai pembaca.

Posting Komentar